Rabu, 18 April 2012

Tentang minyak kelapa sawit


Minyak kelapa sawit adalah minyak nabati bergizi tinggi yang merupakan bahan pangan yang penting bagi milyaran orang di dunia. Minyak kelapa sawit di ekstrak dari buah kelapa sawit, yang merupakan tanaman yang sangat produktif dengan hasil melimpah
Lebih jauh tentang minyak kelapa sawit

Minyak kelapa sawit digunakan dalam berbagai produk – baik produk makanan maupun non- makanan – mulai dari margarin, sup, dan es krim sampai shampo, lotion kulit, sabun dan lilin. Sekitar 43 juta ton minyak kelapa sawit diproduksi setiap tahunnya dari areal tanam seluas kira-kira 12 juta hektar.

Kelapa sawit tumbuh di daerah khatulistiwa di Asia, Amerika Latin dan Afrika, tetapi lebih dari 75% suplai dunia berasal dari Malaysia dan Indonesia. Sejak tahun 1990an, area perkebunan kelapa sawit telah meningkat sekitar 43%.

Pertumbuhan permintaan minyak kelapa sawit terus menigkat karena berbagai faktor, tetapi yang faktor yang paling utama adalah:

Populasi yang terus meningkat dan perlu makanan

Pendapatan yang meningkat di pasar-pasar berkembang yang menambah keinginan untuk pembelian produk-produk brand

Kegunaannya pada produksi bahan bakar alami.
Minyak kelapa sawit dalam produk kami

Unilever punya sejarah panjang dalam penggunaan minyak kelapa sawit pada produknya. Itu karena adanya lemak bermanfaat (versatile fat) yang bisa bertahan pada temperatur tinggi, memungkinan komponen-komponen tertentu untuk dipisahkan untuk dipakai pada aplikasi produk-produk khusus.

Unilever membeli 1,5 juta ton kelapa sawit setiap tahunnya (1,2 juta ton secara langsung dan 0,2 juta ton melalui pemasok oleochemicals, yang kira-kira berjumlah 3% dari produksi total dunia. Tetapi, selama lima tahun belakangan ini, jumlah total pembelian kelapa sawit (serta bahan-bahan khusus yang mengandung kelapa sawit) telah meningkat.

Kandungan kelapa sawit digunakan pada seluruh portofolio kami, terutama untuk margarin, dan juga untuk produk-produk makanan kami (sup, saus dan bouillons) serta es krim. Minyak ini juga digunakan untuk sabun batangan, sementara bahan turunannya juga merupakan bahan pokok untuk produksi perawatan pribadi dan pakaian.
Komitmen yang sudah ada sejak dulu

Komitmen kami pada kelapa sawit yang berkelanjutan bukanlah hal yang baru. Pada paruh akhir 1990an, sebagai bagian dari program pertanian berkelanjutan kami, kami mulai mengembangkan Panduan Pengolahan Pertanian yang Baik untuk kelapa sawit. Kami juga mulai bekerja dengan perkebunan dan penanam untuk mengimplementasikan panduan ini.

Sementara perkebunan yang diolah dengan lebih baik dan kelapa sawit menjadi model dari pertanian yang berkelanjutan, terdapat sedikit kekhawatiran mengingat kelapa sawit yang diproduksi saat ini belum seluruhnya berkesinambungan.

Pada tahun 2004, kami menjadi anggota pendiri dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) – sebuah program yang dibentuk oleh industri bekerja sama dengan organisasi konservasi WWF. Tujuan dari Roundtable adalah untuk menggerakkan pendekatan industri secara luas untuk kesinambungan pada perkebunan kelapa sawit.

0 komentar:

Posting Komentar